Materi Matematika Kelas 1 SD/MI Bilangan 1 Sampai Bilangan 10

Assalamualaikum...
Setelah saya bagikan Materi Matematika Kelas 1 SD/MI tentang Operasi Hitung Bilangan. Selanjutnya saya akan bagikan Materi Matematika Tentang Bilang 1 sampai dengan 10. Berikut Ulasannya.


BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10

Image result for anak matematika sd kelas 1

1. Menghitung dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan bilangan 5

    a.   Membilang atau menghitung secara urut 1-5

    b.   Menyebutkan banyak benda 1-5

    c.   Membandingkan dua kumpulan benda 1-5

    d.   Membaca dan menulis lambang bilangan 1-5

          1)      Membaca lambang bilangan



Lambang bilangan
1
2
3
4
5
Cara membaca
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima



           2)      Menulis lambang bilangan

·                  1 pensil diwarnai

                   Tulis lambang bilangan 1 dibukumu

·                  2 pensil diwarnai

                   Tulis lambing bilangan 3 dibukumu

    e.   Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar

    f.   Membilang loncat sampai dengan bilangan 5

         Contoh :

         Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1

         Satu       dua      tiga      empat      lima

          1             2         3            4             5

    g.  Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar




2. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 5

    a.   Menyatakan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan operasi penjumlahan dan                           pengurangan

          Contoh :

·         Satu bolpoin ditambah satu bolpoin sama dengan dua bolpoin

          1 + 1 = 2

·         Lima balon dikurangi empat balon sama dengan satu balon

          5 – 4 = 1

    b.  Menerjemahkan bentuk sistem operasi penjumlahan dan pengurangan

    c.   Membaca dan menggunakan symbol "+, -, dan ="

         1.  Penjumlahan

              a) Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang lain

·                 Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel

                  1 +  2 = 3

              b) Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan (komutatif)

·                 Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel

                  1 + 2 = 3

                  2 + 1 = 3

              c) Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui terbesar adalah bilangan 5

              d) Menyelesaikan soal cerita sederhana

                  Contoh :

                  Ani mempunyai dua pensil

                  Ia membeli lagi tiga pensil

                  Berapa pensil umi sekarang?

                  2 + 3 = 5

                  Pensil umi sekarang 5

          2.  pengurangan

               a) Mengurangkan satu bilangan dari  bilangan lain (1 sampai dengan 5)

                   lima apel dikurangi tiga apel sama dengan 2 apel

                   5 – 3 = 2

               b) Mengenal bilangan nol melalui pengurangan

·                  satu ikan dimakan satu ikan sisanya tidak ada

                   1 – 1 = 0

               c)  Menyelesaikan soal cerita sederhana

                    contoh :

                    Toni memiliki 3 balon

                    balon itu meletus 1

                    berapa balon yang tidak meletus

                    3 – 1 = 2

                    Balon Toni yang tidak meletus adalah 2 balon

            3.  Penjumlahan dan Pengurangan

                 a) Menjumlahkan dan mengurangi dengan bilangan nol

                    contoh :

                    1 + 0 = 1

                    1 – 0 = 1

                    2 + 0 = 2

                b) Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan

                    contoh :

                    yudi mempunyai lima balon

                    balon itu diberikan kepada doni 2

                    berapa balon yudi sekarang?

                    5 – 2 = 3

                    Balon yudi sekarang 3

                c) Mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5

                    contoh :

                    2 + 1 = 3

                    4 – 1 = 3

                    5 – 3 = 2


 3. Menghitung dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10

     a. Membilang atau menghitung secara urut

         Contoh : 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10

     b. Menyebutkan banyak benda yang berjumlah sampai 10

     c. Membandingkan dua kumpulan benda


     d. Membaca dan menulis lambang bilangan 1-10

          1)  Membaca lambang bilangan

               Bacalah dari kanan ke kiri



Lambang bilangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Cara membaca
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima
Enam
Tujuh
Delapan
Sembilan
Sepuluh



           2)  Menulis lambang bilangan 1 - 10

    e. Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur

    f. Membilang loncat sampai dengan 10

    g. Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil ke terbesar 10-1



4. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 10

    a. Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan

        Contoh :

·       Lima wortel di tambah satu wortel sama dengan enam wortel

        5 + 1 = 6

·       Enam mangga dikurangi  dua mangga sama dengan empat mangga

        6 – 2 = 4

    b. Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk kalimat sehari-hari

    c. Membaca dan menggunakan symbol +, - dan =

       1.  penjumlahan

            a) menjumlah dua bilangan yang sama

                contoh :

                satu buku ditambah dua buku sama dengan dua buku

                1 + 2 = 3 buku

            b) menjumlah dua bilangan yang tidak sama

                delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang

                8 + 2 = 10 pisang

            c) menjumlah dua bilangan satu angka

               contoh :

               2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu

               2 + 5 = 7

           d) menentukan pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20

           e) menyelesaikan soal cerita sederhana

               contoh :

               ayam betina rina 3

               ayam jantan rina 1

               berapa jumlah ayam rini?

               3 + 1 = 4

               Jumlah ayam rina 4



       2.  pengurangan

           a) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain

              contoh :

              enam melon dikurangi dua melon sama dengan empat melon

              6 – 2 = 4

           b) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain dengan cara bersusun 

           c) menentukan pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan

               contoh :

               pasangan bilangan yang berselisih 5

               5 dan 0

               6 dan 1

               7 dan 2

               8 dan 3

               9 dan 4

             10 dan 5

         d) menyelesaikan soal cerita sederhana

             contoh :

             Siti mempunyai 8 telur, 3 telur pecah

             Berapa telur Siti sekarang ?

             Jawab :

             8 – 3 = 5

             Telur Siti sekarang adalah 5 telur





Semoga materi kelas 1 SD/MI tentang bilangan 1-10 dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.





Related

Materi SD/MI Kelas 1 4777090774582447286

Post a Comment

emo-but-icon

Pencarian

Total Pageviews

Blog Archive

About Me

Follow Us


Hot in week

Recent

Comments

item