Materi Matematika Kelas 1 SD/MI
https://yuniuptt.blogspot.com/2017/10/materi-matematika-kelas-1-sdmi.html
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Bagaimana kabarnya para calon guru SD/MI? Jika kamu menemukan tulisan saya ini berarti kamu sedang kesusahan mencari materi Matematika SD/MI Kelas 1 tentang Operasi Hitung Bilangan. Nah, kamu sangat beruntung menemukan tulisan saya ini. Oke baik, kali ini saya akan membagikan materi Operasi Hitung Bilang. Semoga bermanfaat yah..
OPERASI HITUNG BILANGAN
1. Menjumlah dan mengurang bilangan
a.
Mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20
Contoh :
Buah jagung,
bentuk penjumlahannya 2 + 1 = 3
Atau bentuk
pengurangannya 3 – 1 = 2
17 + 3 = 20
20 – 3 = 17
20 – 17 = 3
b. Menggunakan
sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan
1) Sifat pertukaran
Contoh :
·
8 +
3 = 11
3 + 8 = 11
Perhitungan yang di cetak tebal menunjukkan
lebih muda dan cepat
·
6 + 4 = 4 + 6 = 10
Contoh sifat pertukaran pada penjumlahan
2) Sifat pengelompokan
Contoh :
·
(3 + 4) + 6 = 3 + (4 + 6) = 13
·
(2 + 8) + 7 = 2 + (8 + 7) = 17
Contoh sifat pengelompokan pada penjumlahan
2. Menggunakan nilai tempat
a.
Menulis bilangan dua angka
1)
Bilangan 21 sampai dengan
Contoh
:
·
40 + 2 = 41 dibaca empat puluh dua
·
30 + 6 = 36 dibaca tiga puluh enam
·
20 + 4 = 24 dibaca dua puluh empat
2)
Bilangan 51 sampai dengan 100
·
90 + 8 = 98 dibaca sembilan puluh delapan
·
80 + 2 = 82 dibaca delapan puluh dua
·
60 + 6 = 66 dibaca enam puluh enam
b. Menentukan
nilai tempat puluhan dan satuan
Contoh :
·
2 puluhan + 5 satuan = 25
20
+ 5 = 25
·
4 puluhan + 7 satuan = 47
40 + 7 = 47
c.
Menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan
1)
Menjumlah dua bilangan dua angka hasil sampai dengan 50
Contoh
:
·
30 + 20 = 50
·
20 + 20 = 40
·
10 + 20 = 30
2)
Menjumlah dua bilangan dua angka hasil sampai dengan
100
Contoh
:
40
+ 20 = 60
40
= satuan 0 + 0 = 0
20
= puluhan 4 + 2 = 6
Hasilnya 6 puluhan + 0 satuan = 60
3)
Menjumlah bilangan dua angka dan satu angka hasil
sampai dengan 100
Contoh
:
d. Menjumlah
dua bilangan dengan satu kali menyimpan (pengayaan)
Contoh
:
15
+ 8 =23
16
+ 6 = 22
16
satuan 6 + 6 = 12 ditulis 2 simpan 1 puluhan
Puluhan
1 (simpanan) + 1 = 2
Hasilnya
2 puluhan +2 satuan = 22
e.
Mengurangkan dua bilangan tanpa meminjam
1)
Mengurangkan bilangan dua angka dari bilangan dua angka
lain bilangan paling besar 50
Contoh
:
30
– 10 = 20
40
– 15 = 25
2)
Mengurangkan bilangan dua angka dari bilangan dua angka
Contoh
:
60
– 10 = 50
80
– 22 = 58
3)
Mengurangkan bilangan satu angka dari bilangan dua
angka
Contoh
:
28
+ 6 = 34
64
+ 4 = 69
f.
Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan
pengurangan
Contoh
:
Panen
jagung pak Banu 46 karung, panen jagung pak gandi 50 karung berapa karung
jumlah panen jagung pak banu dan pak gandi ?
Jawab
:
46
+ 50 = 96
Jumlah
panen jagung pak gain dan pak gandi 96 karung
SATUAN PENGUKURAN
1.
Membandingkan pengukuran panjang
a.
Mengenal panjang benda
Contoh :
Dua anak
kecil memakai celana, satu anak memakai celana panjang dan satu anak memakai
celana pendek
b. Memberi
contoh benda yang panjang dan yang pendek
Contoh :
·
Pensil
yang belum di runcingkan masih panjang dan pensil yangsudah diruncingkan
menjadi pendek
·
Barisan
terdiri atas 10 anak lebih panjang daripada barisan anak yang hanya terdiri
dari 8 anak
c.
Jarak yang dekat dan yang jauh
Contoh :
·
Jarak
kota jaya ke kota raya dekat
Jarak kota jaya ke kota ramai jauh
·
Anak
yang duduk paling depan lebih dekat dengan papan tulis daripada anak yang duduk
dibelakang jauh dari papan tulis
d. Mengukur
panjang benda dengan satuan tidak baku
Contoh :
Gunakan
bolpoinmu dan bolpoin temenmu untuk mengukur panjang ikat pinggangmu, panjang
ikat pinggangmu dengan bolpoinmu 10 bolpoin, panjang ikat pinggang dengan
bolpin temenmu 12 bolpoin.
Catatan : “
pengukuran menggunakan satuan tidak baku hasilnya tidak sama”
e.
Membandingkan panjang benda melalui gambar
f.
Membandingkan panjang benda
Contoh :
Anton
mengukur panjang lengan bajunya dengan tusuk gigi, panjang lengan baju anton
sama dengan 8 tusuk gigi
2.
Membandingkan pengukuran berat
a.
Mengenal berat benda
Cotoh :
Jika
kamu membawa secangkir teh, apakah menurutmu berat. Tentunya tidak. Namun jika
kamu membawa tiga cangkir teh dalam nampan akan terasa lebih berat
b. Contoh
benda yang ringan dan berat
Contoh :
Pak guru membawa dua benda,
tangan kiri memegang kaos kaki dan tangan kanan memegang sepatu. Ternyata lebih
berat tangan kanan yang memegang sepatu.
c.
Mengukur berat benda dengan satuan tidak baku
Contoh :
·
Berat
satu gunting sama dengan lima kelereng
·
Berat
satu cangkir kosong sama dengan 5 sendok
d. Menunjukkan
perbedaan hasil pengukuran berat dengan satuan tidak baku
Contoh :
Ada dua timbangan, yang satu
digunakan untuk menimbang antara berat satu sisir sama dengan lima bolpoin dan
yang satunya untuk menimbang berat satu sisir sama dengan tiga sendok. Jadi
terdapat perbedaan berat bila benda diukur dengan satuan tidak baku.
e.
Membandingkan berat benda secara langsung
f.
Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan
tidakl baku yang sama
Contoh ;
Berat satu bolpoin sama dengan
10 korek api sedangkan berat satu pensil sama dengan 7 korek api.
Jadi bolpoin lebih berat daripada pensil atau
pensil lebih ringan daripada bolpoin
BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR
1.
Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana
a.
Menyebutkan bermacam bentuk benda
Bentuk bola tabung balok atau
kubus
·
Bentuk
bola
Benda yang
bentuknya bola, misal kelereng dan benda yang tidak berbentuk bola misalnya
mangga
·
Bentuk
tabung
Contoh :
Benda yang
berbentuk tabung, misalnya kaleng susu dan kaleng minuman. Sedangkan benda yang
tidak berbentuk tabung misalnya teko air, gelas dan botol.
·
Bentuk
balok atau kubus
Balok
mempunyai enam sisi, sisi yang besar dan bentuknya sama, sisi atas dan bawah sisi
muka dan belakang sisi sampinh kiri dan kanan
Kubus
mempunyai enam sisi yang bentuk dan besarnya sama
b. Mengelompokkan
benda menurut bentuk permukaan atau ciri lainnya
Contoh :
Pensil sekelompok dengan
bolpoin
2.
Menyelidiki
berbagai bangun datar sederhana
a.
Menyebutkan
benda berbentuk bangun rdatar sederhana
Bentuk segitiga dan segiempat dilihat dari
banyak sisi
Segitiga adalah bangun datar dengan
segitiga
Segiempat adalah bangun datar dengan empat
sisi
b. Menjiplak atau membuat bentuk segitiga dan segiempat
Menjiplak gambar berbentuk segitiga dan
segiempat dan disalin ke buku
c.
Mengelompokkan
berbagai bentuk segitiga dan segiempat
Demikian materi Matematika dari saya.. Semoga bermanfaat.
Demikian materi Matematika dari saya.. Semoga bermanfaat.