Materi Matematika Kelas 1 SD/MI Bilangan 1 Sampai Bilangan 10
https://yuniuptt.blogspot.com/2017/10/materi-matematika-kelas-1-sdmi-bilangan.html
Assalamualaikum...
Setelah saya bagikan Materi Matematika Kelas 1 SD/MI tentang Operasi Hitung Bilangan. Selanjutnya saya akan bagikan Materi Matematika Tentang Bilang 1 sampai dengan 10. Berikut Ulasannya.
BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10
Setelah saya bagikan Materi Matematika Kelas 1 SD/MI tentang Operasi Hitung Bilangan. Selanjutnya saya akan bagikan Materi Matematika Tentang Bilang 1 sampai dengan 10. Berikut Ulasannya.
BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10
1. Menghitung
dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan bilangan 5
a. Membilang atau menghitung
secara urut 1-5
b. Menyebutkan banyak benda 1-5
c. Membandingkan dua kumpulan
benda 1-5
d. Membaca dan menulis lambang
bilangan 1-5
1) Membaca
lambang bilangan
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2) Menulis
lambang bilangan
· 1
pensil diwarnai
Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
· 2
pensil diwarnai
Tulis lambing bilangan 3 dibukumu
e. Mengurutkan sekelompok
bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
f. Membilang loncat sampai
dengan bilangan 5
Contoh :
Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1
Satu dua tiga empat lima
1 2 3 4 5
g. Mengurutkan sekelompok bilangan
dari terkecil atau terbesar
2. Menjumlah
dan mengurang bilangan sampai dengan 5
a. Menyatakan masalah
sehari-hari yang berhubungan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
· Satu bolpoin ditambah satu bolpoin sama dengan dua bolpoin
1 + 1 = 2
· Lima balon dikurangi empat balon sama dengan satu balon
5 – 4 = 1
b. Menerjemahkan bentuk sistem operasi penjumlahan
dan pengurangan
c. Membaca dan menggunakan
symbol "+, -, dan ="
1. Penjumlahan
a) Menjumlahkan
satu bilangan dengan bilangan yang lain
· Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel
1 + 2 = 3
b) Mengenal
sifat pertukaran pada penjumlahan (komutatif)
· Satu
apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel
1 + 2 = 3
2 + 1 = 3
c) Menentukan
pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui terbesar adalah bilangan 5
d) Menyelesaikan
soal cerita sederhana
Contoh :
Ani mempunyai dua pensil
Ia membeli lagi tiga pensil
Berapa pensil umi sekarang?
2 + 3 = 5
Pensil umi sekarang 5
2. pengurangan
a) Mengurangkan
satu bilangan dari bilangan lain (1 sampai dengan 5)
lima apel dikurangi tiga apel sama dengan 2 apel
5 – 3 = 2
b) Mengenal
bilangan nol melalui pengurangan
· satu ikan
dimakan satu ikan sisanya tidak ada
1 – 1 = 0
c) Menyelesaikan
soal cerita sederhana
contoh :
Toni memiliki 3 balon
balon itu meletus 1
berapa balon yang tidak meletus
3 – 1 = 2
Balon Toni yang tidak meletus adalah 2 balon
3. Penjumlahan dan Pengurangan
a) Menjumlahkan
dan mengurangi dengan bilangan nol
contoh :
1 + 0 = 1
1 – 0 = 1
2 + 0 = 2
b) Memecahkan
masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
contoh :
yudi mempunyai lima balon
balon itu diberikan kepada doni 2
berapa balon yudi sekarang?
5 – 2 = 3
Balon yudi sekarang 3
c) Mengingat
penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5
contoh :
2 + 1 = 3
4 – 1 = 3
5 – 3 = 2
3. Menghitung
dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
a. Membilang atau menghitung
secara urut
Contoh : 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
b. Menyebutkan banyak benda yang berjumlah sampai 10
c. Membandingkan dua kumpulan
benda
d. Membaca dan menulis lambang
bilangan 1-10
1) Membaca
lambang bilangan
Bacalah dari kanan ke kiri
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
Enam
|
Tujuh
|
Delapan
|
Sembilan
|
Sepuluh
|
2) Menulis
lambang bilangan 1 - 10
e. Mengurutkan sekelompok
bilangan yang berpola teratur
f. Membilang loncat sampai
dengan 10
g. Mengurutkan sekelompok bilangan
dari terkecil ke terbesar 10-1
4. Menjumlah
dan mengurang bilangan sampai dengan 10
a. Menyatakan masalah
sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
· Lima wortel di
tambah satu wortel sama dengan enam wortel
5 + 1 = 6
· Enam mangga dikurangi dua mangga sama dengan empat mangga
6 – 2 = 4
b. Menerjemahkan bentuk penjumlahan
dan pengurangan dalam bentuk kalimat sehari-hari
c. Membaca dan menggunakan
symbol +, - dan =
1. penjumlahan
a) menjumlah
dua bilangan yang sama
contoh :
satu buku ditambah dua buku sama dengan dua
buku
1 + 2 = 3 buku
b) menjumlah
dua bilangan yang tidak sama
delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan
10 pisang
8 + 2 = 10 pisang
c) menjumlah
dua bilangan satu angka
contoh :
2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
2 + 5 = 7
d) menentukan
pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20
e) menyelesaikan
soal cerita sederhana
contoh :
ayam betina rina 3
ayam jantan rina 1
berapa jumlah ayam rini?
3 + 1 = 4
Jumlah ayam rina 4
2. pengurangan
a) mengurangkan
satu bilangan dari bilangan lain
contoh :
enam melon dikurangi dua melon sama dengan empat
melon
6 – 2 = 4
b) mengurangkan
satu bilangan dari bilangan lain dengan cara bersusun
c) menentukan
pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh :
pasangan bilangan yang berselisih 5
5 dan 0
6 dan 1
7 dan 2
8 dan 3
9 dan 4
10 dan 5
d) menyelesaikan
soal cerita sederhana
contoh :
Siti mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa telur Siti sekarang ?
Jawab :
8 – 3 = 5
Telur Siti sekarang adalah 5 telur
Semoga materi kelas 1 SD/MI tentang bilangan 1-10 dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.