Makalah Landasan Pendidikan tentang Pendidikan Sebagai Ilmu dan Seni

Assalamualaikum guys..
Kali ini saya mau bagikan tugas kuliah saya ketika saya masih semester 1. Pada waktu itu kampus saya masih bernama STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai dan sekarang alhamdulillah udah keren jadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Masuk jadi mahasiswa SKTIP keluar jadi alumni Universitas. Gimana gak keren tuh๐Ÿ˜Ž. Jadi ini tugas saya mata kuliah Landasan Pendidikan tentang Pendidikan Sebagai Ilmu dan Seni. Kalau terdapat banyak kesalahan dalam penulisan dan kata-katanya maklum saja yah namanya juga mahasiswa baru๐Ÿ˜…. Silahkan komentar apa yang perlu diperbaiki. Semoga bermanfaat.๐Ÿ™๐Ÿ˜‰







MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN
"PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU DAN SENI"












Di susun oleh :
Eko Apriwaldi      16862060
Maulidia Dwi Aqso        16862060
Rabiatul Wahyuni                   1686206056
Pertiwi Kurnia               1686206077







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI RIAU
2016



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Pendidikan saat ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia, karena dapat menentukan nasib seseorang dimasa depan. Pendidikan bias ditinjau dari ilmunya dan memiliki seni. Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mengenal pendidikan, mereka hanya bias mencari sesuatu yang bias menyambung hidup mereka. Bahkan saat ini tidak sedikit anak bangsa yang nekat melakukan tindakan criminal demi mendapatkan sesuatu yang merekan butuhkan.
Dalam buku Landasan Pendidikan tercantum “bahwa anak manusia mempunyai berbagai potensi yang masih tersembunyi, anak manusia memiliki kemampuan untuk berkembang, maka dijelaskan pula bahwa anak manusia dapat belajar secara efektif”. Sayangnya, di Negara kita banyak anak-anak yang tidak mengenal potensi dirinya sendiri. Bahkan ada yang merasa tidak berguna atau tidak bisa melakukan apa-apa.
Untuk lebih memahani tentang pendidikan maka dalam penyusunan makalah ini penulis bermaksud untuk menjelaskan tentang sub pokok yang berjudul “Pendidikan Sebagai Ilmu dan Seni”.

B.     Rumusan Masalah
Untuk menghindari adanya kesimpangsiuran dalam penyusunan makalah ini, maka penulis membatasi masalah-masalah yang akan dibahas  diantaranya :
1.      Apa Definisi, Karakteristik, dan Klasifikasi Ilmu ?
2.      Apa Definisi, Karakteristik, dan Klasifikasi Ilmu Pendidikan ?
3.      Apa Yang Dimaksud Pendidikan Sebagai Ilmu ?
4.      Apa Yang Dimaksud Dengan Studi Pendidikan ?
5.      Bagaimana Praktek Pendidikan Sebagai Panduan Ilmu dan Seni ?
C.     Tujuan
Tujuan Penulisan Makalah Ini Adalah :
1.      Untuk Mendeskrifsikan Definisi, Karakteristik, dan Klasifikasi Ilmu.
2.      Untuk Mendeskrifsikan Definisi, Karakteristik, dan Klasifikasi Ilmu Pendidikan.
3.      Untuk Mengetahui Pendidikan Sebagai Seni.
4.      Untuk Mendeskrifsikan Konsep studi Pendidikan.
5.      Untuk Mengetahui Praktek Pendidikan Sebagai Panduan Ilmu dan Seni.




BAB II
PEMBAHASAN


A.    Definisi, Karakteristik, dan Klasifikasi Ilmu.
Istilah ilmu berasal dari kata alima (Bahasa Arab) yang berarti pengetahuan. Di dalam bahasa Latin dikenal pula kata scire yang juga berarti pengetahuan. Ada berbagai jenis pengetahuan, jenis pengetahuan dikelompokan menjadi : revealed knowledge, intuitif knowledge, rational knowledge, empirical knowledge, dan  authoritative knowledge, dipihak lain ada juga yang mengelompokan jenis pengetahun menjadi :commonsense knowledge, dan religious knowledge. Secara etimologi ilmu adalah pengetahuan, karena itu semua pengetahuan tersebut diatas adalah ilmu.
Secara substansial dan operasional ilmu menunjukan kepada tiga hal, yakni : bodiesof knowledge, a body of systematic knowledge, dan scientific method. Ilmu mengandung arti secara kerja ilmiah dan hasil kerja ilmiah. Ilmu adalah pengetahuan ilmiah yang dihasilkan melalui metode ilmiah.
Ilmu memiliki karakteristik sebagai berikut :
1.         Objek studi ilmu meliputi berbagai hal sebatas yang terdapat dialami manusia. Setiap ilmu memilki objek material dan objek formal. Beberapa disiplin ilmu mungkin memilki objek formal yang berbeda. Objek studi setiap disiplin ilmu bersifat spesifik.
2.         Metode ilmiah adalah prosedur pemecahan masalah yang cermat dan terencana. Metode ilmiah merupakan gabungan dari pendekatan rasional dan empiris. Kerangka studinya merupakan proses logico-hypotetico-verifikasi, atau menggunakan kerangka berfikir deduktif-induktif. Namun demikian, metode ilmiah dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif.
3.         Isi ilmu dapat berupa konsep, aksioma,postulat, prinsip, hukum teori, dan model. Dalam hal ini isi ilmu bersifat objektif, deskriftif, dan sajikan secara rinci dan sistematis.
4.         Fungsi ilmu adalah menjelaskan, menprediksi, dan mengontrol.

Berbagai jenis ilmu anatara lain diklasifikasikan ke dalam : natural science, dan human science. Klasifikasi lain adalah : natural science, social science, behavioral science, dan formal science. Ada pula yang mengklasifikasikan ilmu menjadi  ilmu murni dan ilmu terapan.

B.     Definisi, Karakteristik, dan Klasifikasi Ilmu Pendidikan
Ilmu pendidikan adalah system pengetahuan tentang fenomena pendidikan yang dihasilkan melalui riset dengan menggunakan metode ilmiah.
Ilmu pendidikan memilki karakteristik sebagai berikut :
1.      Objek studi : objek material ilmu pendidikan adalah manusia (manusia sebagai makhluk Tuhan yang berbeda hakiki dengan benda, tumbuhan, dan hewan), sedangkan objek formalnya adalah fenomena pendidikan, yaitu fenomena mendidik dan fenomena lain yang berhubungan dengan kegiatan mendidik.
2.      Metode : ilmu pendidikan menggunakan metode kualitatif dan atau metode kuantitatif. Penggunaan metode tersebut tergantung pada masalah atau objek penelitiannya.
3.      Isi ilmu pendidikan : sebagaimana ilmu-ilmu lainnya, ilmu pendidikan dapat berupa konsep, aksioma, postulat, prinsip, hukum, teori, dan model. Dalam hal ini ilmu pendidikan bersifat objektif, deskriftif, preskriftif (normatif), yang disajikan secara rinci dan sistematis. Ilmu pendidikan tidak hanya bersifat deskriptif, melainkan juga preskriptif/normative.
4.      Fungsi ilmu pendidikan : menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol.
5.      Ilmu pendidikan menggunakan ilmu-ilmu lain sebagai ilmu bantu.


Sekalipun demikian, menurut M.J Langeveld (1980), sebagai ilmu yang bersifat otonom ilmu pendidikan berperan sebagai “tuan rumah”, sedangkan ilmu-ilmu lain merupakan “tamu”nya.
M.J Langeveld mengklasifikasi ilmu pendidikan terbagi atas :
a.       Ilmu Mendidi Teoritas, yang meliputi :
1)   Ilmu Mendidik Sistematis.
2)   Sejarah Pendidikan
3)   Ilmu Perbandingan Pendidikan
b.      Ilmu Mendidik Praktis, yang meliputi :
1)   Didaktik/ Metodik
2)   Pendidikan dalam Keluarga
3)   Pendidikan Lembaga Keagamaan

Sedangkan Redja Mudyahardjo (2001) mengklasifikasi Ilmu Pendidikan sebagai berikut :
a.    Ilmu Pendidikan Makro
1)   Ilmu Pendidikan Administratif
2)   Ilmu Pendidikan Historis
3)   Ilmu Pendidikan Kependudukan
b.    Ilmu Pendidikan Mikro
1)   Ilmu Mendidik Umum yang Meliputi :
·  Ilmu Pendidikan Psikologis
·  Ilmu Pendidikan Sosiologis
·  Ilmu Pendidikan Antropologis
·  Ilmu Pendidikan Ekonomik
2)   Ilmu Mendidik Khusus :
·  Ilmu  Persekolahan
·  Ilmu  Pendidikan Luar Biasa (Orthopedagogik)
·  Ilmu Pendidikan Luar Biasa


C.     Pendidikan (Mendidik) Sebagai Seni
Pendidikan antara lain dapat dipelajari melalui ilmu pendidikan, namun demikian pendidikan (praktek pendidikan atau mendidik) juga adalah seni. Alasannya bahwa praktek pendidikan melibatkan perasaaan dan nilai yang sebenarnya diluar daerah Impilan jeniulmu (ilmu yang berparadigma posotivisme). Sehubungan dengan itu, Gilbert Highet (1954) mengibaratkan praktek pendidikan sebagaimana orang melukis sesuatu, mengarang lagu, menata sebuah taman bunga, atau menulis surat untuk sahabat. Sedangkan menurut Galagher (1970) seni mendidik itu merrupakan: (1) keterampilan jenius yang hanya dimiliki oleh beberapa orang; dan (2) mereka tidak dapat menjelaskan secara sistematis bagaimana cara mereka mempraktekan keterampilan itu.
Praktek keterampilan diakui sebagai seni, implikasinya fungsi mendidik yang utama adalah menghasilkan suatu karya yang utuh, unik, sejati (bukan berpura-pura. atau dibuat-buat, anak tidak boleh dikorbankan sebagai kelinci percobaan), dan tiap pihak memperoleh manfaat. Selain itu, pendidik harus kreatif, skenario atau persiapan mengajar hanya dijadikan rambu-rambu saja, yang lebih penting adalah improvisasi. Pendidik harus memperhatikan minat, perhatian, dan hasrat anak didik.
Pengakuan pendidikan sebagai seni, tidak harus menggoyahkan pengakuan bahwa pendidikan dapat dipelajari secara ilmiah. Idealnya, pendidikan adalah aplikasi ilmu (ilmu pendidikan) tetapi sekaligus pula adalah seni.

D.    Studi Pendidikan
Studi pendidikan adalah upaya yang dilakukan seserang dalam rangka memahami pendidikan atau menghasilkan sisten konsep pendidikan.  Studi pendidikan dapat dilakukan melalui kegiatan membaca tentang pendidika, diskusi, penelitian ilmiah, dan berfilsafat tentang pendidikan. Adapun metode dalam studi pendidikan yaitu dapat dilakukan melalui metode tertentu, yaitu metode kerja awam, metode ilmiah, dan metode filsafat.
Studi pendidikan melalui metode keraja awam yaitu memahami pendidikan dengan cara berfikir commonsense  dan pengamatan. Studi pendidikan seperti ini biasanya dilakukan oleh masyarakat pada umumnya, dan menghasilkan konsep pendidikan yang kurang sistematis.
Studi pendidikan melalui metode ilmiah adalah upaya memahami pendidikan dengan menggunakan prosedur penelitian yang cermat dan terencana atau melalui berfikir kritis dengan menggunakan logika tertentu dan pengamatan empiris yang teliti, sebagimana dilakukan para ilmuwan. Namun dimikian pelaksanaan studi seperti ini bukan semata-mata monopoli para ilmuwan. Studi ilmiah pendidikan data dilakukan oleh siapapun dengan syarat bersangkutan telah menguasai metode penelitian ilmiah. Selain dilakukan oleh ilmuwan pendidika, studi ilmiah pendidikan dapat pula dilakukan oelh para mahasiswa pada program studi tertentu kependidikan yang sedang menyusun skripsi, para guru, dosen, dsb. Studi ilmiah pendidilan telah dilakukan oleh para ilmuwan atau para peneliti pendidikan sejak lama, dan telah menghasilkan system pendidikan yang bersifat deskriftif maupun preskriptif/normative yang disebut ilmu pendidikan.
Studi pendidikan melalui metode filsafat adalah upaya memahami pendidikan melalui berfikit reflektif sistematis, kritis radikal, dan sinoptif untuk menghasilkan system gagasan tentang pendidikan yang komprehensif dan preskriftif. Mengingat cara berfikir filsafat belum dikuasai banyak orang, maka studi filsafat pendidikan umumnya dilakukan oleh para filsuf. Studi demikian telah dilakukan sejak lama, dan telah menghasilkan apa yang dikenal sebagai fislafat pendidikan.







E.     Praktek Pendidikan Sebagai Panduan Ilmu dan Seni
1.    Pendidikan Sebagai Ilmu
Fenomena pendidikan dapat dipelajari melalui metode ilmiah yang menghasilkan ilmu pendidikan yang menjadi dasar dan petunjuk dalam praktek pendidikan. Dengan dasar Ilmu Pendidikan para pendidik dapat menyusun desain pembelajaran yang memuat tujuan, isi, metode, teknik mengajar serta evaluasinya. Dengan demikian dapat dipahami bahwa praktek pendidikan merupakan aplikasi dalam ilmu pendidikan. Implikasi bahwa untuk menjadi seorang guru dapat dipelajari oleh siapapun melalui ilmu pendidikan tersebut.
2.    Pendidikan Sebagai Seni
          Gilbert Highet dalam bukunya “ The art of teaching “ yang menyatakan bahwa buku ini “ Seni Mengajar ” karena beliau yakin bahwa belajar itu adalah sebuah seni bukan ilmu. Menurutnya sangatlah berbahaya mempergunakan tujuan-tujuan dan metode ilmu untuk urusan manusia sebagai individu meskipun sistem statistik sering digunakan untuk menerangkan tingkah laku manusia dalam kelompok yang besar dan suatu diagnosa ilmiah tentang struktur fisik manusia selalu sangat bermanfaat. Mengajar tidaklah seperti menimbulkan reaksi kimia tetapi lebih mirip dengan melukis sebuah gambar atau menggelar sebuah musik dengan arti bahwa di dalam mengajar itu seseorang harus melibatkan diri didalamnya dan menyadari bahwa mengajar tidak seluruhya dikerjakan berdasarkan formula-formula atau anda akan merusak sendiri pekerjaan anda dan murid-murid anda serta anda sendiri (Redja M, 1995). Dengan demikian pendapat ini sangat bertentangan dengan pendapat sebelumnya tentang pendidikan sebagai ilmu.



3.    Pendidikan Sebagai Panduan Ilmu dan Seni
Menurut A.S Neil “ mendidik dan mengajar bukanlah suatu ilmu tetapi adalah seni “. Diartikan sebagai seni adalah bagaimana kita hidup dan mengerti anak-anak seolah-olah kita menjadi seperti anak. Menurut aliran konstruksivisme mengakui hal yang sama. Implikasi bahwa “ tugas guru adalah membantu agar siswa mampu merekonstruksi pengetahuannya sesuai dengan situasinya yang konkrit maka strategi mengajar perlu juga disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi murid. Mengajar adalah merupakan seni yang menuntut bukan hanya penguasaan teknik, melainkan juga intuisi “.
Dengan demikian pendidik memerlukan ilmu pendidikan dalam rangka memahami dan mempersiapkan suatu praktek pendidikan. Namun dalam prakteknya pendidik harus kreatif, skenario atau persiapan mengajar hanya dijadikan rambu-rambu saja, pendidik perlu melakukan improvisasi dengan harus memperhatikan karakteristik anak didik. Esensinya bahwa praktek pendidikan hendaknya merupakan perpasuan antara ilmu dan seni.



BAB III
PENUTUP


A.    Simpulan
Istilah ilmu berasal dari kata alima (bahasa arab) yang berarti pengetahuan. Ilmu memiliki karakteristik, yaitu : objek studi, metode ilmiah, isi ilmu, fungsi ilmu. Klasifikasi jenis ilmu antara lain diklasifikasikan ke dalam : Natural science dan human science, atau ada juga yang mengklasifikasikan kedalam natural science, social science, behavioral science, dan formal science. Bahkan ada pula yang mengklasifikasikan ilmu menjadi  ilmu murni dan ilmu terapan.
Ilmu pendidikan adalah system pengetahuan tentang fenomena pendidikan yang dihasilkan melalui riset dengan menggunakan metode ilmiah.Ilmu pendidikan memilki karakteristik yaitu : objek studi, metode kualitatif dan atau kuantitatif, Isi ilmu pendidikan, dan Fungsi ilmu pendidikan. Ada 2 teori tentang mengklasifikasi ilmu pendidikan, yaitu : 1.Ilmu Mendidik Teoritas dan Praktis, dan 2. Ilmu Pendidikan Makro dan Mikro.
Pendidikan sebagai seni data dipahami bahwa praktek pendidikan melibatkan perasaan dan nilai yang sebenarnya diluar daerah ilmu, yang mengibaratkan praktek pendidikan sebagimana orang melukis sesuatu, mengarang lagu, menata sebuah taman bunga, atau menulis surat untuk sahabat.
Ilmu pendidikan merupanakan landasan dan petunjuk tentang cara melaksanakan pendidika, sedangkan Studi pendidikan adalah upaya yang dilakukan seserang dalam rangka memahami pendidikan atau menghasilkan sisten konsep pendidikan .Praktek Pendidikan sebagai paduan ilmu dan seni dapat diartikan sebagai :  Pendidikan sebagai ilmu, Pendidikan sebagai Seni, dan Pendidikan sebagai Paduan Ilmu dan Seni.

B.     Saran
Dengan penulisan makalah ini penulis berharap lembaga pendidikan dalam hal ini para pendidik mampu melaksanakan proses pembelajaran guna mempersiapkan segaa sesuatunya ulai dari objek, metode, isi,bahkan fungsinya supaya tujuan pendidikan itu bisa dicapai dengan baik dan bukan hanya sebagai ilmu melainkan sebagai sebi sehingga pendidik dapat berkreasi di dalam mengajarnya. Sehingga anak didik tersebut dapat merasakan kenyamanan di dalam kegiatan belajar mengajar dan menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam pembelajaran.




DAFTAR PUSTAKA

Tafsir,Ahmad.(2006).Filsafat Pendidikan Islami.Bandung : Rosdakarya.
Langgulung, Hasan.(2000).Manusia dan Pendidikan.Jakarta : PT. Al-Husna
Zikra.
Kartadinata, Sunaryo, dkk.(1997).Landasan-landasan Pendidikan.Jakarta: Ditjen
Dikti-Depdikbud.
Syaripudin, Tatang, dkk.(2006). Landasan Pendidikan.Bandung: UPI Press.
Ruswandi, Uus, dkk.(2011).Landasan Pendidikan.Bandung: CV. Insan Mandiri.


Related

Materi Kuliah S1 PGSD 3401104244801212641

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

item