Persamaan Perbedaan Hubungan Evaluasi Penilaian Pengukuran Tes


2.5     Persamaan, Perbedaan, Dan Hubungan Evaluasi, Penilaian, Pengukuran, Dan Tes
2.5.1      Persamaan Evaluasi, Penilaian, Pengukuran, Dan Tes
Persamaannya adalah keduanya mempunyai pengertian menilai atau menentukan nilai sesuatu. Di samping itu, alat yang digunakan untuk mengumpulkan datanya juga sama.

2.5.2      Perbedaan Evaluasi, Penilaian, Pengukuran, Dan Tes
Perbedaan antara tes, pengukuran dan penilaian terletak pada waktu dan fungsinya. Tes digunakan sebagai alat atau media untuk memperoleh informasi tentang orang lain. Pengukuran digunakan untuk memberi angka pada karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal, atau obyek yang diambil dari sebuah tes. Sedangkan penilaian digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan data-data yang diperoleh berdasarkan pengukuran sebelumnya.
Perbedaannya juga terletak pada ruang lingkup dan pelaksanaannya. Ruang lingkup penilaian lebih sempit dan biasanya hanya terbatas pada salah satu komponen atau aspek saja, seperti prestasi belajar. Pelaksanaan penilaian biasanya dilakukan dalam konteks internal. Ruang lingkup evaluasi lebih luas, mencangkup semua komponen dalam suatu sistem dan dapat dilakukan tidak hanya pihak internal tetapi juga pihak eksternal.evaluasi dan penilaian lebih bersifat komprehensif yang meliputi pengukuran, sedangkan tes merupakan salah satu alat (instrument) pengukuran. Pengukuran lebih membatasi pada gambaran yang bersifat kuantitatif (angka-angka) tentang kemajuan belajar peserta didik, sedangkan evaluasi dan penilaian lebih bersifat kualitatif. Keputusan penilaian tidak hanya didasarkan pada hasil pengukuran, tetapi dapat pula didasarkan hasil pengamatan dan wawancara.
Perhatikan ilustrasi berikut ini:
Pak Rudi adalah seorang guru matematika. Setiap selesai pembelajaran matematika Pak Rudi selalu memberikan tes kepada siswa-siswi nya. Tes adalah alat ukur untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika yang diajarkan oleh Pak Rudi. Setelah selesai tes Pak Rudi memeriksa hasil tes tersebut dan memberikan skor terhadap hasil tes. Skor-skor Inilah yang disebut sebagai hasil pengukuran. Setelah beberapa kali tes maka akan terkumpul data data hasil pengukuran. Kumpulan data tersebut bisa dianalisis untuk menarik kesimpulan tentang perkembangan belajar matematika siswa. Sampai disini sudah terjadi proses penilaian. Ini contoh dalam ruang lingkup penilaian hasil belajar. Jika Pak Rudi menilai seluruh komponen pembelajaram maka berarti terjadi evaluasi.
Jadi untuk melakukan asesmen Pak Rudi memerlukan alat ukur yaitu tes, hasil pengukuran, dan penyimpulan dari data-data hasil pengukuran. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh Pak Rudi adalah melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran, untuk mengetahui apakah proses pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Rudi sudah bagus atau masih perlu banyak perbaikan. Untuk bisa melakukan evaluasi tersebut tentu pak Rudi butuh tiga komponen sebelumnya yaitu tes, pengukuran, dan asesmen.
Sampai disini sudah paham mengenai perbedaan tes, pengukuran, asesmen, dan evaluasi? Untuk lebih memahami lagi, mari cermati gambar dibawah ini:
Gambar 2.5.1 Perbedaan Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dan Tes


Tabel 2.5.1 Perbedaan Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dan Tes


Definisi
Proses
Hasil
Tes
Alat ukur untuk mengukur kemampuan seseorang
Testing
Hasil tes atau lembar kerja
Pengukuran
Proses untuk menentukan kuantitas sesuatu yang menghasilkan angka.
Membandingkan hasil tes dengan standar ukuran tertentu
Angka atau skor
Bersifat kuantitatif
Penilaian
Mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik atau buruk.
Pemberian atribut terhadap hasil pengukuran
Deskripsi
Bersifat kualitatif
Evaluasi
Kegiatan yang meliputi dua unsur yaitu pengukuran dan penilaian.
Pengambilan keputusan terhadap hasil penilaian lulus/tidak
Keputusan atau Justifikasi

2.5.3      Hubungan Evaluasi, Penilaian, Pengukuran, Dan Tes
Sebenarnya proses pengukuran, penilaian, evaluasi dan pengujian merupakan suatu kegiatan atau proses yang bersifat hirarkis. Artinya kegiatan dilakukan secara berurutan dan berjenjang yaitu dimulai dari proses pengukuran kemudian penilaian dan terakhir evaluasi. Sedangkan proses pengujian merupakan bagian dari pengukuran yang dilanjutkan dengan kegiatan penilaian.
Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan, dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan, dan penetapan kualitas (nilai dan arti) pembelajaran terhadap

berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu, sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Penilaian hasil belajar adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan, menyeluruh dalam rangka pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menilai pencapaian proses dan hasil belajar peserta didik.



Related

Materi Kuliah S1 PGSD 810721341870596616

Post a Comment

  1. Do you realize there is a 12 word sentence you can say to your man... that will trigger intense emotions of love and instinctual attraction to you buried inside his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, cherish and care for you with his entire heart...

    12 Words That Trigger A Man's Desire Instinct

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will make him work harder than before to do his best at looking after your relationship.

    Matter of fact, triggering this dominant impulse is absolutely mandatory to achieving the best possible relationship with your man that as soon as you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him open his soul and heart for you in such a way he's never experienced before and he'll identify you as the one and only woman in the universe who has ever truly attracted him.

    ReplyDelete

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

item